Halaman

Kamis, 25 Juni 2020

Sholat sunnah Dhuha



Saat mendengarkan ceramah di pagi hari yang sejuk ba’da Sholat Shubuh di mushola, tema nya kali ini mengenai sholat sunnah Dhuha yang sangat dianjurkan.  Kami di ajarkan tata cara nya, dari mulai niat, dzikir serta doa nya. Kami memperhatikan dengan seksama.

Ada hal khusus dari pelajaran ini. Tidak semua dari kita mengetahui, mengapa sholat sunah ini sangatlah penting. Doa sholat sunah ini untuk kepentingan kita sebagai umat muslim. Untuk kebutuhan kita, malah menurut Ustadz sholat ini untuk kita menjadi kaya. Senang dan bahagia.

Hal pentingnya,
Seperti kita semua sudah ketahui, bumi yang kita pijak ini bentuk nya bulat. Waktu di bumi ini berbeda. Sebagian siang, adapula sebagian malam. Begitu ya, nasihat Ustadz.
“Disini jamaah sudah paham semua belum, kembali Ustadz sampaikan.”
“Sudah, jawab kami jamaah.”

Ini lah sebagian rahasia nya.
Jika kita melakukan Sholat sunnah Dhuha di pagi hari, bagaimana keadaan waktu di sebagian bumi yang lain. Tentunya tengah malam atau menjelang dini hari. Sholat sunah apa yang dilaksanakan pada malam hari hingga menjelang dini hari, tentunya adalah Sholat Sunnah Tahajud.
Kita semua sudah mengetahu keutamaan sholat sunnah Tahajud ini.

“Apakah disini jamaah sudah paham, Tanya Ustadz.”
“Jamaah diam sejenak,
“Ustad melanjutkan, kita tinggal dan hidup pada bumi yang sama, artinya, jika sebagian bumi melaksanakan Sholat sunnah Dhuha, tentunya sebagian bumi yang lain melaksanakan Sholat sunnah Tahajud.”
Ini intinya, sedikit rahasia keutamaan sholat sunnah Dhuha.
“semua jamaah diam, dan mengangguk tanda mengerti.

Demikian, semoga inti tulisan ini dapat dimengerti dan menjadi manfaat bagi kita semua.


Cirebon, 24 Juni 2020.
Tulisan ini dibuat saat ingat dan menjadi diskusi kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar