Halaman

Selasa, 23 Juni 2020

Branchless Banking



Branchless Banking adalah Bank tanpa kantor. Dalam kebijakan Bank Indonesia yang baru, branchless banking termasuk didalamnya. Kebijakan Keuangan Inklusif, begitu istilahnya, dibuat dalam kebijakan jangka pendek dan menengah. Jangka pendeknya mengenai Guideline dan Pilot Project Branchless Banking, jangka menengahnya Regulasi Branchless Banking.

Konsep Branchless Banking ini akan menjadi trend dimasa mendatang, transaksi perbankan dapat dilakukan di jejaring sosial, internet banking serta mobile banking. Mobile banking merupakan cara terkini dimana nasabah bank dapat menyetorkan phisik uang, tidak harus datang ke cabang, mobile banking yang akan datang mengunjungi. Untuk transaksi perbankan non phisik uang dapat dilakukan di jejaring sosial ataupun internet banking.

Bank Sinar Harapan Bali, salah satu perusahaan anak Bank Mandiri sedang mengembangkan konsep ini. Menggandeng operator telekomunikasi Axis untuk menyediakan layanan bank berbasis nomor telepon genggam sekaligus nomor rekening nasabah. Seluruh transaksi otomatis tercatat di Bank. (kontan.co.id tgl.18Desember 2012; Microsoft incar bisnis layanan bank tanpa kantor).

Dengan kondisi geografis Indonesia yang kepulauan, konsep branchless banking ini diharapkan dapat menjawab keinginan nasabah yang saat ini sudah banyak mengggunakan jaringan internet, telepon selular, smartphone, serta lainnya. Dengan mudah transaksi perbankan dapat di lakukan. 

Bank Mandiri di tahun-tahun mendatang tentunya akan tetap menambah jumlah cabang serta ATM. Tidak hanya bank kita tercinta tentunya yang menambah cabang, bank pesaingpun berlomba menambah cabang yang diharapkan dapat lebih menjangkau nasabah. Menambah Cabang tentunya membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Dengan branchless banking diharapkan dapat mengurangi besarnya biaya yang ditanggung bank.

Sedikit ide untuk bank tercinta, dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) tentang branchless banking, kedepannya Bank Mandiri dapat mengadopsi konsep branchless banking. Transaksi perbankan pastinya akan menjadi semakin lebih mudah, nyaman dan aman. Bank Mandiri akan lebih menjangkau nasabah dimanapun, kapanpun dan selalu hadir dihati nasabahnya.

Demikian sedikit ide untuk kemajuan bank tercinta. Sukses untuk Mandiri-ku!


Jeffri Goessetiadi
#ditulis 19 Desember 2012, kirim ke Majalah Mandiri, namun tidak dimuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar