Branchless Banking adalah Bank tanpa kantor. Dalam kebijakan
Bank Indonesia yang baru, branchless banking termasuk didalamnya. Kebijakan Keuangan Inklusif, begitu
istilahnya, dibuat dalam kebijakan jangka pendek dan menengah. Jangka pendeknya
mengenai Guideline dan Pilot Project Branchless
Banking, jangka menengahnya Regulasi
Branchless Banking.
Konsep Branchless Banking ini akan menjadi trend dimasa mendatang, transaksi
perbankan dapat dilakukan di jejaring
sosial, internet banking serta mobile banking. Mobile banking merupakan
cara terkini dimana nasabah bank dapat menyetorkan phisik uang, tidak harus
datang ke cabang, mobile banking yang akan datang mengunjungi. Untuk transaksi
perbankan non phisik uang dapat dilakukan di jejaring sosial ataupun internet
banking.
Bank Sinar Harapan Bali, salah satu perusahaan anak Bank Mandiri sedang
mengembangkan konsep ini. Menggandeng operator telekomunikasi Axis untuk
menyediakan layanan bank berbasis nomor telepon genggam sekaligus nomor rekening
nasabah. Seluruh transaksi otomatis tercatat di Bank. (kontan.co.id tgl.18Desember 2012; Microsoft incar bisnis layanan bank
tanpa kantor).
Dengan kondisi geografis Indonesia yang kepulauan, konsep branchless
banking ini diharapkan dapat menjawab keinginan nasabah yang saat ini sudah
banyak mengggunakan jaringan internet, telepon selular, smartphone, serta
lainnya. Dengan mudah transaksi perbankan dapat di lakukan.
Bank Mandiri di tahun-tahun mendatang tentunya akan tetap menambah jumlah
cabang serta ATM. Tidak hanya bank kita tercinta tentunya yang menambah cabang,
bank pesaingpun berlomba menambah cabang yang diharapkan dapat lebih menjangkau
nasabah. Menambah Cabang tentunya membutuhkan investasi yang tidak sedikit.
Dengan branchless banking diharapkan dapat mengurangi besarnya biaya yang
ditanggung bank.
Sedikit ide untuk bank tercinta, dengan kebijakan Bank Indonesia (BI)
tentang branchless banking, kedepannya Bank Mandiri dapat mengadopsi konsep branchless banking. Transaksi perbankan
pastinya akan menjadi semakin lebih mudah, nyaman dan aman. Bank Mandiri akan
lebih menjangkau nasabah dimanapun, kapanpun dan selalu hadir dihati
nasabahnya.
Demikian sedikit ide untuk kemajuan bank tercinta. Sukses untuk Mandiri-ku!
Jeffri Goessetiadi
#ditulis 19 Desember 2012, kirim ke Majalah Mandiri, namun tidak dimuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar