Halaman

Senin, 18 November 2013

Peran Leader dan Manager dalam Proses Manajemen



Message From: Robby Djohan

Sukses dan masa depan Perusahaan tidak hanya tergantung pada visi yang ditetapkan oleh pemimpinnya, tapi juga bagaimana dalam pelaksanaannya atau eksekusi oleh para executive management. Satu ide yang cemerlang harus mampu dilaksanakan oleh manager-manager yang berpengalaman dan memiliki keahlian. Sharing of value’s antara pemimpin yang menciptakan ideas dan manager yang melaksanakan ideas merupakan sinergi yang diperlukan.

Perjalanan seorang pemimpin dimulai dari bagaimana dia membangun dirinya melalui tiga proses. Satu, pedidikan, baik itu universitas maupun program-program pendidikan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Dua, proses pembangunan career dimana dia mampu menjalani fungsinya sebagai manager yang penuh disiplin dan pengalaman. Tiga, mampu meletakkan dasar value’s, vision, dan strategy. Di sini dia berfungsi sebagai pemimpin.

Seorang pemimpin berbeda dengan manager. Seorang pemimpin mengutamakan ideas dan manager mengutamakan proses management. Pada fungsi ideas dia lebih fleksibel, sedangkan dalam proses management dia lebih terkait pada policy and procedure yang umumya dia lebih kaku sehingga mengerti secara basicly tentang management.

Jadi, fungsi seorang pemimpin adalah visinya dan fungsi dari seorang manager adalah bagaimana dia taat pada policy and procedure serta discipline. Seorang pemimpin harus memiliki beberapa criteria, diantaranya value’s yang membangun budaya atau karakter perusahaan, keberanian mengambil keputusan, memiliki horizon yang lebih luas, memiliki factor kepercayaan karena kemampuannya, dan menjadi contoh dalam kepemimpinan.

Sedangkan, seorang executive adalah competence dan mengubah ideas menjadi financial result dan menciptakan pekerjaan. Value’s ini harus berkembang terus sehingga menjadi budaya perusahaan. Sebagai kesimpulan, seorang pemimpin harus percaya bahwa bawahannya lebih ahli dalam bidangnya daripada dia, dan bawahannya yakin bahwa seorang pemimpin dapat dipercaya karena mampu memimpin perusahaannya menjadi sukses. Kalau seorang pemimpin tidak memiliki manager-manager yang berkompeten di bidangnya masing-masing, maka peranan seorang pemimpin akan lebih banyak turun ke bawah sehingga organisasi seolah-olah menjadi centralized dan bukan decentralized organization.


Peran Leader dan Manager dalam Proses Manajemen

@infobank No.416 Nopember 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar