Halaman

Rabu, 23 Oktober 2013

rainbow checker


Saat Forum Verifikator dibulan April, rekan kami Verifikator dari cabang Indramayu menyampaikan ide yang gemilang mengenai pemeriksaan nota transaksi Teller, rekan kami ini menamakannya dengan Rainbow checker.

Peserta forum-pun tersenyum dengan program ini, apa ya rainbow checker itu, memangnya ada perubahan ataupun manfaatnya? Demikian beberapa pertanyaan yang dilontarkan rekan-rekan Verifikator lainnya. Rekan kami kemudian oleh Team Leader RBC Area Cirebon Yos Sudarso dipersilahkan untuk menyampaikan program yang dibuatnya serta apa hasil dari programnya.

“Yang mendasari dari program ini”, demikian rekan kami mulai menerangkannya. Pada cabang yang menjadi kewenangannya sebagai Verifikator, adalah cabang Community Branch dimana dicabang terdapat banyak Teller serta banyak transaksi setiap harinya. Setiap hari rekan kami ini selalu mengingatkan agar selalu diperiksa transaksi harian yang dilakukan oleh Teller, Customer Service, ataupun Pimpinan Cabang sesuai kewengannya. Setelah di ingatkan barulah pemeriksaan dilakukan.

Dengan kondisi ini, ada sedikit kekecewaan yang didapat, setiap hari di ingatkan namun dengan hasil yang berbeda, terkadang dilaksanakan terkadangpun tidak. Salah satu tugas Verifikator tentunya memeriksa nota transaksi Teller, penjaga gawang transaksi terakhir agar tidak terjadi fraud ataupun agar transaksi sesuai dengan prosedur. Itu adalah tujuan mulia kami menjalankan tugas.

Seiring dengan berjalankan waktu, didapatlah sebuah ide yang awalnya ada sedikit keraguan terlintas. Ide ini kemudian dikonsultasikan dengan Pimpinan Cabang terkait dan mendapatkan respon yang positip.

Mulailah ide diterapkan. Dengan rainbow checker, yaitu membedakan warna pulpen yang digunakan oleh rekan-rekan di Fronliner sampai Pimpinan Cabang. Pulpen ini digunakan untuk memeriksa transaksi harian yang dilakukannya pada hari transaksi. Pembagian warnanya meliputi; warna hijau untuk Teller, warna biru untuk Customer Service, warna merah untuk Verifikator, dan warna hitam untuk Head Teller/Pimpinan Cabang.

Apa yang terjadi pada saat program ini mulai dilaksanakan. Pada esok hari setelah transaksi berjalan, kami menyebutnya dengan H+1, rekan kami mengingatkan agar dilakukan pemeriksaan transaksi, seperti biasanya mengatakan sudah, namun pada kenyataanya tidak ada warna hijau pada nota transaksi, yang menandakan bahwa Teller telah memeriksa transaksinya. Begitupun dengan Customer Service. Setelah selesai dilaksanakan, nota transaksi harian Teller dengan warna berbeda terlihat seperti pelangi dan lebih keren, itulah rainbow checker.

Dengan kondisi ini, terciptalah sebuah kesadaran akan kewajiban yang harus dilaksakan dalam perkerjaan. Dengan komitmen awal serta dukungan dari semua, program dapat berjalan. Sebagai Verifikator, berjalannya rainbow checker ini terciptalah pengawasan harian yang sangat baik. Dengan adanya perbedaan warna pada nota transaksi harian terlihatlah tanda telah diperiksa sesuai dengan kewenangannya.

Dengan pengalaman kami ini, kiranya dapat berguna bagi rekan-rekan di Cabang lain. Semoga saja pengalaman kami ini membawa manfaat bagi semua.

Demikian, sukses untuk Mandiri-ku !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar